About Me

header ads

Pusdiklatcab Sambas Laksanakan Training of Trainer (ToT) Dan Penyegaran Pelatih


PramukaNews | Sambas – Kwartir Cabang Sambas melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang melaksanakan Training of Trainer sekaligus penyegaran pelatih pembina pramuka Sambas. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dimulai tanggal 23-24 Mei 2024 di Aula Pertemuan Villa Amour Taman Wisata Danau Sebedang, Desa Sempalai Sebedang, Kec. Sebawi, Kab. Sambas-Kalimantan Barat. 

Kegiatan Training of Trainer dan penyegaran pelatih pembina pramuka Sambas ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Dewasa Kwartir Cabang Sambas yaitu Kak Drs H. Bakhtiar, MH dan didampingi oleh Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda yaitu kak Drs Topitri serta Sekretaris Kwartir Cabang Sambas yaitu Kak Dedi S, M.Pd. Training of Trainer ini di ikuti oleh 34 orang pelatih pembina pramuka dari Kwartir Cabang Sambas.

Dalam sambutannya Kak Drs H Bakhtiar, MH menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kembali kemampuan dan pengetahuan para pelatih pembina anggota Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang Sambas. Selain itu juga kegiatan ini merupakan wadah bagi para pelatih untuk mengembangkan potensinya, guna meningkatkan mutu penyelenggaraan program kegiatan peserta didik yang sesuai dengan aspirasi kaum muda dan perkembangan masyarakat dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan secara efektif. Selain itu kegiatan ini mampu meningkatkan pembinaan anggota dewasa dalam kepramukaan khususnya tersedianya pelatih pembina pramuka yang mahir dan bermotivasi tinggi dalam jumlah memadai agar tercipta kegiatan kepramukaan yang berkualitas.

“Kegiatan Training of Trainer yang dilaksanakan ini sebagai upaya menciptakan para pelatih yang kreatif, inovatif serta mempunyai kemampuan mengelola pendidikan dan pelatihan di gerakan pramuka. Kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi dan diskusi anggota Pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Cabang terkait kegiatan yang sudah dilaksanakan sebelumnya dan akan dilaksanakan kedepan”, ujarnya. 

Kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber diantaranya dari Kwartir Daerah, Kak Dr. Idham Azwar, M.Pd, Pelatih Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Daerah Kalimantan Barat  dan 5 orang Pelatih Kwartir Cabang Sambas yang telah mengikuti Training of Trainer di Kwartir Daerah Kalimantan Barat sebelumnya.

Jurnalis : Halim Setiawan  – 24107

Editor : M. Rusdi  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar