About Me

header ads

Perkemahan Jumat Sabtu Pramuka SDN 003 Balikpapan Kota

PramukaNews | Balikpapan - Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Balikpapan 06-001/06-002 Pangkalan SDN 003 Balikpapan Kota (Balkot) gelar Perkemahan Jumat-Sabtu (Perjusa), (31/5-1/6/2024) di halaman SDN 003 Balkot. Turut hadir Kak Puji Sadarani selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) dan seluruh Pembina Pramuka SDN 003 Balkot. Kegiatan ini juga dirangkai dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dikemas dalamupacara resmi.

Suasana Jumat siang di SDN 003 Balkot sangat meriah dan ramai. Para Pramuka Penggalang SDN 003 Balkot terlihat semangat mendirikan tenda untuk persiapan regu mereka mengikuti Perjusa. Kegiatan Perjusa awali dengan upacara pembukaan perkemahan yang dibuka secara resmi oleh Kak Puji Sadarani. Kak Puji dalam amanatnya memberikan semangat dan himbauan untuk selalu disiplin dan mandiri selama mengikuti kegiatan. 

"Anak-anak tetap semangat dalam mengikuti kegiatan perjusa ini dan harus tetap disiplin serta mandiri dalam berkegiatan. Kegiatan ini merupakan program sekolah atau Gudep yang setiap tahun dilaksanakan." Ucap Kak Puji dalam Amanatnya.

Kak Ramlie selaku Pembina Pramuka SDN 003 Balkot menyampaikan tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk melatih kemandirian para anggota Pramuka khususnya Pramuka SDN 003 Balkot. Beliau juga menyatakan semoga dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, dan disiplin. Perjusa ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan dan lomba yang menarik agar berkesan bagi para peserta. Namun, tetap dengan memperhatikan aspek-aspek keselamatan.

"Saya bersama dengan Kak Herlena Rifai dan juga seluruh pembina yang ada di SDN 003 Balkot merencanakan Kegiatan perjusa ini dikemas dengan berbagai macam kegiatan seperti pendirian tenda, upacara pembukaan, olahraga, Sholat berjamaah, operasi semut, hingga upacara penutupan. Untuk menarik minat dan semangat para peserta maka Perjusa ini juga berisi berbagai lomba seperti lomba yel-yel regu, lomba dart game, lomba pengucapan dasa darma, lomba sandi, morse dan semaphore." Ucap Kak Ramlie selaku Pembina Pramuka SDN 003 Balkot.

Setelah rangkaian kegiatan terlaksana seluruhnya dengan aman dan lancar, upacara penutupan dilaksanakan pada hari kedua sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024. Kak Puji Sadarani kembali menjadi pembina upacara sekaligus menutup secara resmi kegiatan. Kak Puji memyampaikan bahwa Pramuka sebagai wadah penerapan nilai-nilai Pancasila dalam rangka membentuk karakter generasi masa depan. Beliau juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu seluruh rangkaian kegiatan Perjusa ini sehingga terlaksana dengan aman dan lancar.

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar