About Me

header ads

Persiapan Jota 2024, Pramuka MAN IC Sambas Praktik Buat Antena Moxon

PramukaNews | Sambas – Gerakan Pramuka Gugus Depan Habibie-Ainun pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas melaksanakan gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Ramatan Lil Alamin ( P5P2RA ). Adapun tema yang diangkat adalah rekayasa tekonologi dengan Praktik Pembuatan Antena Moxon untuk Komunikasi Satelit pada Rabu, (05/06/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali peserta didik akan pentingnya komunikasi kebencanaan dan komunikasi Amatir Radio. Kegiatan ini juga sebagai langkah awal dalam mempersiapkan peserta didik untuk mengikuti Jambore On The Air (JOTA) yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2024 mendatang di Kwartir Cabang Sambas. 

Pembuatan Antena Moxon untuk komunikasi radio lewat satelit didampingi oleh Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) lokal Sambas. Narasumber ahli yang dihadirkan dalam pelatihan pembuatan Antena Moxon ini adalah kak Adnan (YC7DDW). Menurut kak Adnan komunikasi radio melalui satelit merupakan komunikasi amatir radio yang banyak diminati di tanah air bahkan manca negara.

Disela-sela kegiatan kak Adnan (YC7DDW) menjelaskan keberadaan Satelit IO-86 yang merupakan buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) sangat penting keberadaanya terutama untuk komunikasi kebencaan juga komunikasi sesama amatir radio. 

“Sarana untuk komunikasi radio melalui satelit ini di samping radio tentunya keberadaan antena sangat penting. Antena yang kebanyakan teman-teman amatir pergunakan untuk komunikasi ini adalah antena Moxon. Antena ini memiliki sifat direksional dan ukurannya yang agak kecil sehingga mudah dibuat dan mudah dibawa kemana-mana”, tutup Adnan.

Jurnalis : Halim Setiawan  – 24107

Editor : M. Rusdi  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar