About Me

header ads

Pramuka MAN IC Sambas Lantik 27 Penegak Bantara

PramukaNews | Sambas – Ambalan Habibie - Ainun Gugus Depan 05.105-05.106 Pangkalan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Sambas kembali menunjukkan eksistensinya dalam pembinaan karakter yang dibingkai dalam kepramukaan. Sebanyak 27 Anggota Gudep Habibie - Ainun terdiri dari 14 Penegak Putra dan 13 Penegak Putri yang dilantik menjadi Penegak Bantara pada Rabu, (12/06/2024).

Pelantikan pramuka Penegak Bantara ini dilaksanakan dalam gedung olahraga MAN IC Sambas. Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan  (Mabigus) kak Mursidin dan kak Ramali N Mas selaku  Pembina Satuan Penegak. Selain itu juga turut hadir Kak Dedi Selaku Ketua Gugus Depan Habibie - Ainun, Kak Rizki Fajar Riandy selaku Pembina Putra, Kak Atmadiah Nur selaku Pembina putri, 

Pelantikan ini merupakan kegiatan wajib dilaksanakan untuk menyaring para kader terbaik sebagai proses penyelesaian kecakapan umum tingkat Penegak Bantara. Kegiatan ini diawali dengan prosesi tanya jawab pelantikan yang dipimpin langsung oleh kak Ramali N Mas. Setelah prosesi tanya jawab pelantikan dilanjutkan dengan penyematan Tanda Kecakapan Umum Bantara oleh kak Mursidin kepada anggota pramuka yang dilantik.

Dalam amanantnya kak Mursidin selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan menyampaikan untuk mengikuti pelantikan penegak bantara ini, para calon sebelumnya telah menyelesaikan berbagai tugas yang termuat dalam Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara. Terdapat 5 kecakapan yang harus dimiliki oleh seorang anggota pramuka Penegak Bantara yaitu kecakapan spiritual, emosional, sosial, intelektual dan kecakapan fisik.

“Kami ucapkan selamat atas pelantikan kakak-kakak menjadi pramuka Penegak Bantara, semoga bisa mengamalkan 5 kecakapan tersebut. Selain itu juga kakak-kakak harus bisa menorehkan prestasi kepramukaan terbaik dan mengharumkan nama baik Madrasah Aliyah Negeri  Insan Cendekia Sambas-Kalimantan Barat", tutup kak Mursidin.

Jurnalis : Halim Setiawan  – 24107

Editor : M. Rusdi  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar