About Me

header ads

Pramuka SDN 006 Balikpapan Kota Memperingati Hari Lahir Pancasila


PramukaNews | Balikpapan - Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Balikpapan 06-037/06-038 Pangkalan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 006 Balikpapan Kota (Balkot) melaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024) di Halaman SDN 006 Balkot. Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) turut hadir dan seluruh Pembina pangkalan SDN 006 Balkot.

Pancasila merupakan dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No.24 Tahun 2016 secara resmi 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Maka dari itu, Pramuka SDN 006 Balikpapan Kota menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024. Seluruh peserta upacara yang terdiri dari Pramuka Siaga dan Pramuka Penggalang terlihat sangat bersemangat mengikuti rangkaian upacara.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila diawali dengan persiapan pasukan hingga pengibaran bendera Merah Putih. Petugas upacara pada kegiatan ini merupakan Pramuka Penggalang yang terdiri 1 Pemimpin upacara, 6 pemimpin pasukan, 9 pengibar bendera dan masing-masing pembaca UUD 1945, pembaca doa, pembawa acara dan ajudan pembina upacara. Kak Yutmiatin selaku Ketua Mabigus SDN 006 Balkot bertindak sebagai pembina upacara. Pembina upacara menyampaikan maksud dan tujuan dari upacara ini serta sejarah lahirnya Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia.

"1 Juni diperingati sebagai hari lahir Pancasila merujuk pada momen sidang kedua BPUPKI, Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk lahirnya Pancasila berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia pada 1 Juni 1945," ucap Kak Yutmiatin dalam amanatnya.

Kak Yutmiatin juga menyampaikan harapannya kepada seluruh Pramuka SDN 006 Balkot untuk membuka kembali tentang sejarah lahirnya Pancasila. Beliau juga berpesan untuk meniru semangat para pejuang pendiri bangsa Indonesia dan tidak melupakan sejarah. Kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan pembina.

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar