About Me

header ads

Pramuka SDN 006 Balkot Isi Kegiatan MPLS

PramukaNews | Balikpapan – Semarak Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SDN 006 Balikpapan Kota (Balkot). Anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) Balikpapan 06-037/06-038 Pangkalan SDN 006 Balkot turut ikut meramaikan dengan berbagai penampilan di halaman SDN 006 Balkot pada Sabtu, (20/07/2024). 

Dikutip dalam halaman web Direktur Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar (Ditpsd) Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru. MPLS bertujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru. Namun, untuk mencapai tujuan ini, penting bagi sekolah untuk memastikan bahwa MPLS dilaksanakan dengan cara yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak. Kak Yutmiatin yang merupakan Kepala SDN 006 Balkot mengatakan bahwa MPLS pada SDN 006 Balkot berlangsung beragam hari.

” Kegiatan MPLS bagi kelas 1 atau siswa baru berlangsung selama 12 hari sedangkan kelas 2, 3, 4, 5 dan 6 berlangsung selama 3 hari. Seluruhnya dimulai pada hari senin 15 Juli 2024. Kegiatan dimulai dengan penyambutan siswa digerbang sekolah hingga upacara bendera. Dan hari ini kami agendakan untuk penampilan dari berbagai macam ekstrakulikuler yang ada di Sekolah kami salah satunya adalah Pramuka.” ucap Kak Yutmiatin.

Pada kegiatan kali ini Pramuka SDN 006 Balkot menampilkan berbagai macam tari-tarian tradisional hingga modern. Anggota Pramuka Siaga SDN 006 Balkot menampilkan Tari Modern dengan judul Zunea-zunea. Para peserta terlihat sangat menikmati penampilan para Anggota Pramuka. Tidak mau kalah dari adiknya yaitu Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang SDN 006 Balkot juga menampilkan tari tradisional. Tari yang dibawakan oleh Pramuka Penggalang yaitu tari Jepen Balikpapan yang dipadukan dengan tarian khas Kalimantan Timur. 

Pada kegiatan ini juga Tampil Ananda Azalea Pramuka Siaga SDN 006 Balkot yang berhasil meraih juara 2 lomba menyanyi tunggal golongan Pramuka Siaga Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Pramuka Universitas Bandar Lampung. Pramuka SDN 006 Balkot Tampil pada kegiatan MPLS ini bertujuan agar menarik minat para peserta didik agar tertarik mengikuti kegiatan Pramuka. Kegiatan ini juga dilaksanakan agar memotivasi para peserta didik untuk berani tampil didepan umum serta menunjukan minat bakatnya melalui Gerakan Pramuka. Diakhir kegiatan Anggota Pramuka yang mengisi acara berfoto bersama dengan para Pembina dan peserta yang hadir. Tidak lupa pula ucapan terimakasih yang disampaikan oleh Kepala Sekolah kepada pengisi acara. 

Jurnalis : Aznur Panca Saputra – 24112

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar