About Me

header ads

Pramuka SMAN 6 Soppeng Semangat Belajar Sisminsat

PramukaNews │ Soppeng – Ambalan Lamallarangeng dan Tenri Leleang Gugusdepan Soppeng 06-651 dan 06-652 Pangkalan UPT SMA Negeri 6 Soppeng belajar Sistem Administrasi Satuan yang merupakan salah satu agenda materi dalam Perkemahan dalam rangka pindah golongan dari Penggalang ke Penegak pada Jumat, (19/07/2024) bertempat di UPT SMA Negeri 6 Soppeng.

Kegiatan materi Sistem Administrasi Satuan (Sisminsat) ini diikuti oleh Dewan Ambalan beserta seluruh anggota Ambalan Lamallarangeng dan Tenri Leleang Gugusdepan Soppeng 06-651 dan 06-652 Pangkalan UPT SMA Negeri 6 Soppeng. Administrasi Satuan seterusnya disebut Minsat mencakup dua pengertian administrasi, yaitu: administrasi dalam pengertian luas merupakan pengelolaan satuan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan kepramukaan di satuan. Sementara administrasi dalam pengertian sempit yakni tata usaha satuan.

Materi Sistem Administrasi Satuan (Sisminsat) ini dibawakan oleh Kak A. Muhammad Fajar Maulana, S.Pd., M.A.P. selaku Wakil Sekretaris Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Marioriawa, dalam materinya menyampaikan bahwa Pramuka Penegak dipersilahkan mengelola sendiri kehidupan dan tata kelola administrasi di Ambalannya melalui Dewan Ambalan Penegak.

“Melalui Administrasi Satuan Kakak-Kakak Pramuka Penegak diajarkan kedisiplinan, tata kelola admininstrasi yang baik karena diusia Penegak ini administrasi satuan di Ambalan itu dipercayakan kepada Dewan Ambalan Penegak dengan bimbingan dari Pembantu Pembina Penegak” ungkap Kak A. Muhammad Fajar Maulana, S.Pd., M.A.P. selaku Wakil Sekretaris Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Marioriawa.

Sesuai yang tertuang dalam Sistem Administrasi Satuan (Sisminsat) bahwa selain catatan pribadi, buku-buku lain wajib dipercayakan kepada Dewan Ambalan di bawah pimpinan Pradana dengan bimbingan Pembantu Pembina Penegak.


Jurnalis : A. Muhammad Fajar Maulana – 24129

Editor : Jariri Arroah Manda – 19045

Posting Komentar

0 Komentar