About Me

header ads

Saka Wira Kartika Gunungkidul Sukses Gelar Persami

PramukaNews | Gunungkidul - Persami Saka Wira Kartika berhasil diselenggarakan (29-30/06/2024) di Kodim 0730/Gunungkidul dimulai dengan upacara adat  saka Wira Kartika yang dipimpin langsung oleh Pembina Harian Putra yaitu Kak Danu Rahmadi Sersan Satu. 

Kak Danu Rahmadi mengawali arahannya dengan penegasan terkait kesehatan peserta Persami yang harus diutamakan. Berangkat kegiatan dalam keadaan sehat yang artinya selesai kegiatan harus tetap sehat tanpa membawa sedikit pun penyakit.

Persami ini sebagai bentuk pembinaan Anggota Saka Wira Kartika untuk melatih kedisiplinan mental dan melatih untuk mencintai alam sekitar. Tema yang diusung tahun ini adalah "Bersatu dengan alam membentuk generasi muda yang berkarakter, berwawasan kebangsaan, dan peduli lingkungan." 

Adapun serangkaian dari kegiatan ini yang dimulai dengan materi dari Tim SAR Pantai Sadeng yang bertujuan untuk membekali peserta agar tetap waspada dengan bencana di sekitar pantai. Salah satu bencana yang mungkin terjadi adalah gelombang pantai pasang. Selain itu, Sangga kerja pun ikut andil dalam kesuksesan Persami ini dengan memberikan materi mengenai krida yang dimiliki Saka Wira Kartika. Salah satu materi yang berkaitan yaitu Pionering dengan mengajarkan menara segitiga. 

Serangkaian kegiatan ini diakhiri dengan tutup adat Saka Wira Kartika dan dilanjutkan dengan amanat oleh pembina upacara. 

"Saya terima Anggota Saka Wira Kartika Angkatan Ke-XV ini dengan resmi," ujar Mabisaka. 

Prosesi penyiraman air mawar yang menjadi tradisi Keluarga Saka Wira Kartika sebagai simbol penerimaan Anggota baru.

Jurnalis : Della Amanda Putri - 24120
Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar