About Me

header ads

KURSUS PENGELOLAAN DEWAN KERJA (KPDK) CABANG MERAUKE TAHUN 2024

PramukaNews | Merauke - Dewan Kerja Cabang (DKC) Merauke menyelenggarakan Kursus Pengelolaan Dewan Kerja (KPDK) Cabang Merauke Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung pada 1 - 4 Agustus 2024 di Sekretariat Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Merauke. Acara tersebut diikuti oleh 71 anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, terdiri atas 46 puteri dan 25 putera. KPDK resmi dimulai pada tanggal 1 Agustus 2024 pukul 15.30 WIT dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Kwarcab, Kak Muh. Ichsan, S.Pd.I.

Penyelenggaraan KPDK ini bertujuan memperkuat pemahaman anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam memimpin Dewan Kerja. Kegiatan ini memberikan materi yang merujuk pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka serta Keputusan Musyawarah Nasional Nomor 07/Munas/2023 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Selain itu, materi yang disampaikan juga berfokus pada SK Kwartir Nasional Nomor 005 Tahun 2017 tentang Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera. Para Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab) Merauke turut aktif membekali peserta KPDK.

KPDK yang dilaksanakan selama empat hari ini diikuti dengan antusias oleh peserta dari berbagai Kwartir Ranting di lingkungan Kwarcab Merauke. Penyelenggaraan KPDK oleh DKC Merauke ini bertujuan memberikan penguatan dalam pengelolaan organisasi Dewan Kerja. Penguatan ini juga sebagai persiapan regenerasi kepemimpinan di DKC Merauke. Hal ini penting mengingat pada akhir bulan Agustus nanti, DKC Merauke akan menggelar Musyawarah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Puteri Putera (Musppanitera).

Pada upacara penutupan yang dilaksanakan pada hari Minggu pukul 16.00 WIT, turut hadir Kak Deswy Tatawalat, S.STP. Beliau adalah Koordinator Wilayah Papua Selatan Kwartir Daerah Papua yang bertindak sebagai Pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan KPDK Tahun 2024 ini juga bertujuan mempersiapkan kader anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Papua Selatan. Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta KPDK untuk tetap semangat dalam menempuh proses pendidikan Kepramukaan serta mempersiapkan diri untuk kehadiran Kwartir Daerah Papua Selatan.

Jurnalis: Adi Prasetyo - 21024

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar