About Me

header ads

Kwarcab Balikpapan Ikuti Pelatihan Pertolongan Pertama Pramuka Peduli Kaltim

 

PramukaNews | Kutai Timur - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Balikpapan mengutus 2 orang Andalan Kwarcab Balikpapan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pertolongan Pertama Pramuka Peduli yang dilaksanakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Kalimantan Timur (Kaltim) di Kwarcab Kutai Timur pada Kamis - Minggu, (01-04/08/2024). Turut hadir pada pembukaan kegiatan ini Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarda Kaltim serta Ketua, Wakil Ketua komisi Abdimas, Sekretaris dan Pelatih bersama dengan Andalan Kwarcab Kutai Timur.

Kak Raja dan Kak Ali selaku Andalan Kwarcab Balikpapan terpilih mewakili Kwarcab Balikpapan untuk mengikuti Pelatihan Pertolongan Pertama Pramuka Peduli Kwarda Kaltim. Keduanya bertolak dari balikpapan menuju lokasi acara yang berada di Sangata,Kabupaten Kutai Timur. Keduanya mengusung misi untuk menggali ilmu terkait dengan Pertolongan Pertama dan berbagi praktik baik dengan Seluruh peserta yang diikuti oleh perwakilan Kwarcab-Kwarcab yang ada di Kwarda Kaltim. Sesampainya dilokasi para peserta langsung menuju meja registrasi.

Kegiatan ini diawali dengan Upacara Pembukaan. Kegiatan Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Kak Ir. H. Wahyu Widhi Heranata,M.P.IPU selaku Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Kwarda Kaltim. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan jika terjadi hal gawat darurat kepada para Pramuka Khususnya Pramuka Peduli yang ada di Kwarda Kaltim.

Kak Ali yang menjadi perwakilan Kwarcab Balikpapan menyampaikan Syukur dan harapan terkait kegiatan ini.

"Alhamdulillah saya bersama Kak Raja dapat mengikuti kegiatan ini dan menjadi perwakilan atau utusan dari Kwarcab Balikpapan. Tentunya ini kami sambut baik dan kami mengikutinya dengan sangat antusias. Kami juga sangat mengapresiasi para panitia yang telah menginisasi kegiatan ini. Rencananya setelah kegiatan ini kami akan mengimplementasikan dan membiaskan meteri yang kami dapat selama kegiatan ini kepada adik-adik yang ada di Kwarcab Balikpapan." Ucap Kak Ali.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini berisi beberapa kegiatan yang sangat bermanfaat dan menarik. Kegiatan awali dengan test awal untuk mengetahui kemampuan awal peserta. Kemudian, para peserta diberikan berbagai macam materi dan praktik tentang penanganan korban seperti pendarahan, syok, cidera, luka bakar, keracunan dan lain-lain. Selain itu agar peserta menikmati setiap kegiatan setiap materi diselingi oleh kegiatan dinamika kelompok. Kegiatan ditutup dengan evaluasi, tes akhir dan rencana tindak lanjut serta Upacara penutupan.


Jurnalis : Aznur Panca Saputra - 24112

Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar