About Me

header ads

Perkemahan Terpadu Pramuka Kwarran Sukatani: Membangun Generasi Tangguh dan Berkarakter


PramukaNews||Purwakarta - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sukatani sukses menggelar Perkemahan Terpadu di Bumi Perkemahan Persawahan Cilalawi, Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani, pada Selasa-Kamis (13-15/2024). Kegiatan ini diikuti oleh 1030 peserta yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, dengan tujuan membentuk generasi muda yang tangguh, mandiri, dan berkarakter.

Kak Ade Suhayat, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sukatani, menjelaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas anggota Pramuka, agar mereka dapat menjadi generasi muda yang tangguh dan berkarakter.

"Tujuannya tiada lain (yaitu) untuk meningkatkan anak-anak di dalam kepramukaan itu meningkat supaya apa yang dicita-citakan dalam grakan pramuka menjadi generasi muda yang tangguh dan berkarakter." ujarnya. 

Ia juga berharap, keterampilan yang didapatkan peserta selama perkemahan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kak Eep Saepudin, Pembina Putra SDN Cibodas, mengungkapkan bahwa sekolahnya mengirimkan 23 peserta untuk mengikuti perkemahan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa, terutama dalam membentuk karakter dan kemandirian. 

"Sambutan orang tua pun bagus. Jadi selain daripada kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah, penunjangnya adalah orang tua. Harapannya kegiatan untuk tahun-tahun depan lebih meriah lagi, terus yang dilibatkan dari stakeholder itu lebih banyak," harapnya.

Kak Neneng Yanti, Pembina Putri SDN 3 Sukatani, menyatakan bahwa persiapan untuk perkemahan ini sudah dilakukan jauh hari sebelumnya dengan melibatkan seluruh pembina gugus depan (mabigus). Ia menekankan pentingnya kegiatan ini untuk memberikan pelajaran yang mendalam bagi para peserta. 

"Menambah teman banyak, pengalaman banyak, pengetahuan banyak, dan menambah wawasan bagi mereka," ujarnya. Neneng juga berharap agar kegiatan pramuka ini terus ditingkatkan di masa mendatang.

Kak Kholid, salah satu peserta dari SDN 1 Cianting Utara, menyampaikan antusiasmenya terhadap kegiatan perkemahan ini. 

"Untuk pembukaan begitu seru, banyak temen-temen yang kenal lah. Seru, seneng," katanya singkat.

Kak Eman Sulaeman, selaku Ketua Pelaksana dari Kwartir Ranting Sukatani, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan perkemahan terpadu yang melibatkan berbagai jenjang pendidikan.

"Jumlahnya 1030 orang peserta. Kendala ada, cuman Alhamdulillah kami panitia (bisa) tangani," jelasnya. Ia berharap dukungan dari para pembina gugus depan untuk terus mendukung gerakan pramuka di Kwartir Ranting Sukatani, agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

Kak Aji Tajudin, Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR) Sukatani, menambahkan bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Jamboree untuk tingkat SD dan MI, serta Lomba Tingkat II (LT II) untuk tingkat SMP dan MTs, dan untuk SMA, SMK, atau MA dibuat bentuk perkemahan dan ditugaskan sebagai sangga kerja alias panitia. 

"Harapannya saya adalah dalam proses kegiatan ini, pramuka semakin maju, kemudian anak-anak para penerus bangsa baik tingkat pramuka penegak atau penegak, kemudian ada tingkatan siaga, dalam kegiatan pramukanya bisa lebih berkembang lagi, lebih maju lagi," ungkapnya.

Dengan slogan "Kwarran Sukatani, Ngahiji, Kahiji," perkemahan ini diharapkan dapat menjadi momentum penting bagi pengembangan karakter generasi muda di Sukatani, serta membangun semangat persatuan dan kemandirian dalam menghadapi tantangan masa depan.


Jurnalis : Dimas Taufiqur Rahman - 21002

Editor : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar