About Me

header ads

Peserta Pramuka Penggalang  Se - Kwarran Barebbo Antusias Ikuti Lomba Pionering

PramukaNews | Bone – Puluhan peserta didik  pramuka penggalang SD/MI dan SMP/MTs dibawah naungan gugus depan se-Kwartir ranting Barebbo, Kabupaten Bone yang terdiri dari siswa SMP/MTsN dan SD/MI mengikuti lomba pionering  yang dipusatkan di lapangan sepak bola Lahemma kelurahan Apala kecamatan Barebbo. (Jumat, 16/08/2024).

Kegiatan ini merupakan agenda dari kegiatan pelaksanaan LKPP (lomba kreativitas pramuka penggalang) Tahun 2024. Menurut ketua panitia pelaksana LKPP 2024, Kakak Samsul Bahri, S. Pd . MG bahwa  lomba pionering  ini adalah salah satu teknik pramuka dalam penggunaan peralatan tongkat dan tali yang dirangkai menjadi sebuah model suatu objek. 

"Lomba ini bertujuan untuk memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan peserta dalam membuat model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan di kehidupan pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan" tutur kak Samsul Bahri. Pada saat lomba, para peserta juga didampingi oleh kakak-kakak DKR (Dewan Kerja Ranting) Kwarran Barebbo yang setia mendampingi para peserta dalam menjalankan tugasnya dalam lomba tersebut.

Lomba pionering yang digelar Kwarran Barebbo dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024.Para peserta dari masing-masing regu ini, terlihat kompak menyusun tongkat pramuka di tengah lapangan. “Lomba ini selain menumbuhkan rasa persaudaraan antar anggota pramuka tingkat Kwarran Barebbo, juga sekaligus ajang melatih keterampilan serta kekompakan dari adik-adik penggalang,” ungkap Ketua Kwarran Barebbo, Kak Muhammad Darwis. AT. S. Pd. M.M. LG.

Disamping itu, kata Kak Muhammad Darwis peringatan Hari Jadi Pramuka ini dijadikan momentum untuk mengingatkan, khususnya kepada generasi muda, bahwa pramuka itu tidak serta merta ada, namun adanya pramuka diperoleh melalui perjuangan. “Maka ini menjadi kewajiban kita bersama, selain memperingati, juga menghayati dan mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat. Intinya kita meneruskan perjuangan para pendahulu yang sudah mempelopori berdirinya gerakan pramuka,” tandasnya.

Diharapkan melalui kegiatan tersebut, antar anggota pramuka, khususnya anak-anak saling mengenal. “Mudah-mudahan dengan ini, yang besar menyayangi yang kecil, dan yang kecil belajar menghormati yang besar,” kata Kak Muhammad Darwis. Selain itu, melalui momentum itu, lanjut Kak Muhammad Darwis sesama anggota pramuka bisa bertegur sapa dan saling mengenal satu sama lain. “Sehingga selain menambah silahturahmi, juga mempererat persatuan dan kesatuan,” pungkasnya.

JURNALIS : TAMZIL, S. Pd., MG.  – 24101

EDITOR : M. RUSDI  - 19016

Posting Komentar

0 Komentar