About Me

header ads

SAKA BHAYANGKARA POLSEK TANAH MIRING LAKSANAKAN UJIAN SKK KRIDA PPB BERSAMA BASARNAS MERAUKE

PramukaNews | Merauke - Dewan Saka Bhayangkara Polsek Tanah Miring menyelenggarakan giat ujian Syarat Kecakapan Khusus Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana (SKK Krida PPB) bersama Basarnas Merauke. Kegiatan tersebut dilakukan pada hari Sabtu, 31 Agustus 2024 bertempat di gedung serba guna kantor Basarnas Merauke. Peserta berjumlah 11 orang yang terdiri dari 4 orang putra dan 7 orang putri.

SKK yang diuji terdiri dari SKK Pencarian Korban, SKK Penyelematan Korban, SKK Pengetahuan Kerawanan Bencana, dan SKK Pengetahuan Satwa. Tim penguji berasal dari Basarnas karena dianggap paling relevan dengan Krida Pencegahan dan Penanggulangan Bencana. Instruktur yang berperan sebagai penguji diantaranya adalah Kak Rudi Muhammad Sofyan, S. Sos., Kak Solikhin, dan Kak Budi Maryanto. Sementara itu, ujian dilaksanakan dengan metode praktik dan tertulis.

Adapun dalam pelaksanaannya, praktik dilakukan secara individu. Namun, beberapa kasus harus dilakukan secara berkelompok seperti pada praktik membuat tandu dan melakukan pertolongan pertama pada korban kecelakaan. Akan tetapi, penilaian tetap secara individu dan penilaian dilakukan secara objektif. Pelaksanaan ujian ini penguji membagi berdasarkan golongan peserta didik yaitu golongan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega.

Pelaksanaan ujian ini merupakan giat lanjutan setelah pekan sebelumnya peserta menerima materi secara teori dan praktik. Ujian SKK Krida ini dilaksanakan sebagai wujud pembinaan peserta didik Gerakan Pramuka dalam bidang Bhayangkara.

Ujian SKK Krida PPB ini diharapkan dapat memberi bekal pada peserta didik Gerakan Pramuka untuk memiliki keterampilan dalam hal penanggulangan bencana. Anggota Gerakan Pramuka diharapkan selalu dapat berkontribusi sebagai relawan kemanusiaan dengan kemampuan yang mumpuni sehingga berguna di masyarakat. Hal ini diharapkan juga dapat mempererat rasa kekeluargaan antar organisasi dan instansi mitra Gerakan Pramuka.

Jurnalis: Adi Prasetyo - 21024

Editor: Asriani - 19006

Posting Komentar

0 Komentar