About Me

header ads

Kursus Orientasi Kamabigus dan Pembina Gudep Kwarcab Sawahlunto Datangkan Kapusdiklatnas Pramuka Sebagai Narasumber


PramukaNews || Kota Sawahlunto – Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan Tingkat Nasional (Kapusdiklatnas) Kwartir Nasiobal (Kwarnas) kak Yana Suptiana, M.Pd. menjadi narasumber pada Kursus Orientasi singkat Kwartir Cabang (Kwarcab) 11 Gerakan Pramuka Kota Sawahlunto di aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Sawahlunto pada, Selasa (1/9/2024).

Kapusdiklatnas Gerakan Pramuka kak Yana Suptiana, M.Pd memaparkan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kepramukaan dan kurikulum merdeka kepada peserta Kursus Orientasi yang terdiri dari Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) dan Pembina Pramuka di Gudep Siaga, Penggalang, Penegak se- Kota Sawahlunto.

“Sebagai garda terdepan pembinaan Kepramukaan yakni di gugus depan terlebih semua profil pelajar Pancasila dilingkupi nilai Dasa Darma Pramuka demikian dalam prinsip dasar Kepramukaan” ucap kak Yana.

Lebih jauh beliau memotivasi bahwa Kepramukaan dan P5 pada kurikulum merdeka sangat sejalan dalam kode kehormatan, belajar sambil melakukan, sistem berkelompok, dilaksanakan di alam terbuka, kehadiran orang tua, tanda kecakapan, satuan terpisah dan kiasan dasar Pramuka.

Sebelumnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat wilayah V menyampaikan materi kebijakan Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera barat terhadap kegiatan kepramukaan dalam kurikulum merdeka.

Ka.Kwarcab Pramuka Kota Sawahlunto kakak Zohirin Sayuti berharap kepada Kamabigus yang juga kepala sekolah terus mendorong peningkatan pembinaan Kepramukaan di gudepnya.

Disamping aksi tanggap darurat bencana dan aksi sosial pembinaan gudep ini tetap menjadi prioritas dalam membinaan kegiatan di Kwarcab Kota Sawahlunto," ungkap kak Zohirin yang juga mantan Wakil Walikota Sawahlunto.

Tak hanya Pangkalan Gudep saja, sebutnya pembinaan Kepramukaan bagi warga binaan di Lapas narkotika yang sudah berlangsung beberapa tahun ini terus ditingkatkan.

Kapusdiklatcab pramuka Kwarcab Sawahlunto kak Agustin berharap dengan digelarnya kursus orientasi singkat bagi Kamabigus dan Pembina Pramuka ini dapat terus mengairahkan pembinaan di Gudep.


Jurnalis : Jariri Arroah Manda - 19045

Posting Komentar

0 Komentar