About Me

header ads

Regu Tangguh SMPN 1 Lappariaja Diharapkan Terbentuk Melalui Perkemahan


PramukaNews I Bone - Gerakan Pramuka Gugus Depan 13. 047 dan Gugus Depan 13.048 yang berpangkalan di UPT SMPN 1 Lappariaja menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu atau biasa disebut Persami, Sabtu (12/10/2024). Kegiatan Persami kali ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Salo Sawae, Jalan Poros Bone-Soppeng, Desa Patangkai Kec. Lappariaja, Bone (Sulawesi Selatan).

Kegiatan Persami kali ini mengusung Tema "Regu Tangguh" yng bertujuan untuk melatih jiwa petualang, kepemimpinan, serta kepedulian sosial para peserta. Kegiatan ini diikuti 4 (Empat) Regu Putra dan 4 (Empat) Regu Putri terbaik dari Gerakan Pramuka Gugus Depan 13. 047 dan Gugus Depan 13.048 yang berpangkalan di UPT SMPN 1 Lappariaja.

Ditemui disela-sela kegiatan, Kak Jasmir M, S.Pd selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan menyampaikan apresiasi atas semangat dan dedikasi seluruh peserta dan panitia. Belia juga menyampaikan bahwa Kegiatan perkemahan ini bukan hanya sekadar berkegiatani di alam, tetapi juga merupakan ajang untuk membentuk karakter peserta menjadi generasi muda yang tangguh, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Senada dengan Ketua Mabigus, Kak M. Eddy Oktopan selaku Pembina Gugus Depan menyampaikan bahwa melalui kegiatan perkemahan ini, diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari, dan bisa menjadi contoh kegiatan untuk generasi muda agar kembali berkegiatan di alam.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa Selama beberapa hari, para peserta diuji kemampuannya dalam berbagai kegiatan menarik seperti Orientasi medan meliputi kegiatan penjelajahan alam sekitar untuk melatih kemampuan navigasi dan survival. Kegiatan Masak Rimba untuk Mengasah kreativitas dan kerja sama tim dalam mengolah bahan makanan sederhana menjadi hidangan yang lezat.

Selain itu, juga terdapat kegiatan Pentas seni yang akan menampilkan bakat dan kreativitas melalui berbagai pertunjukan seni, seperti tarian, musik, dan drama. Serta kegiatan Bakti Sosial untuk emberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar melalui kegiatan bersih-bersih lingkungan. 

"Kegiatan Perkemahann merupakan kegiatan di alam terbuka yang tentu didalamnya diharapkan tidak hanya menarik dan menantang. Tetapi juga, diharapkan didalamnya terdapat unsur pendidikan dalam setiap kegiatan. Kegiatan persami ini diharapkan dapat membentuk Regu Tangguh di Gerakan Pramuka UPT SMPN 1 Lappariaja" Ungkap Kak M. Eddy Oktopan selaku Pembina Gugus Depan.

Jurnalis: Satria Jaya - 21009

Posting Komentar

0 Komentar